Persiapan menjelang ujian nasional

Persiapan Menjelang Ujian Nasional

ujianby. flickr e-wonosobo.com

Pada April mendatang, siswa SMA akan menghadapi ujian penentu kelulusan dari jenjang pendidikan menengah. Meski masih dalam hitungan bulan, sejumlah sekolah sudah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari menggelar uji coba alias try out, hingga bimbingan belajar bagi para siswa.

Berbeda dengan sekolah lain, SMA Negeri 24, Jakarta, ternyata punya strategi lain guna mendukung kesuksesan siswa dalam pelaksanaan UN. Sejak awal semester, di seluruh ruang kelas tiga (kelas XII) SMAN 24 telah melakukan pengaturan tempat duduk yang akan diduduki siswa pada ujian nasional. Pemberitahuan nomor dan lokasi ujian tersebut ditujukan agar siswa tidak kaget dengan posisi yang pasti berbeda dengan yang didiami sehari-hari.

“Dengan begitu, saat ujian nanti tidak kaget, siswa akan merasakan suasana seperti sekolah sehari-hari,” ujar Wirda, Wakil Sarana Prasarana dan Humas SMAN 24, Jakarta, Rabu (18/1/2012). Diakui salah seorang siswa kelas XII IPA 1, Aditya Dwi R, hal tersebut sangat membantu persiapannya menghadapi ujian nasional.

“Yang tadinya kami tidak terlalu kenal dekat, menjadi akrab dengan teman sebangku yang baru. Atau, misalnya dengan saya diabsen awal harus duduk di bangku depan, yang tadinya di duduk dibelakang menjadi enggak kaget lagi saat harus duduk di depan nantinya,” ujar Adit. Secara psikologis, hal tersebut membuatnya lebih nyaman dan percaya diri.  “Makanya dari sekarang dibiasakan supaya terbiasa. Sehingga percaya dirinya sudah ada,” jelas Wirda.

Selain itu, sekolah ini juga mengadakan penyuluhan untuk memotivasi semangat dan spiritual siswa. Program yang dinamakan Bina Mental Spiritual ini, mengharapkan partisipasi orangtua para siswa. “Mendekati UN nanti kita lebih sering mengadakan penyuluhan itu dengan mengundang orang (motivator). Misalnya kita pernah melakukan penyuluhan motivasi dari perguruan tinggi UI oleh Marta Rizal,” ungkap Ida Febriyani, wakil kesiswaan.

“Persiapan UN sudah memasuki tahap waspada. Mulai dari bimbel-bimbel diikuti semua, latihan-latihan dari guru-guru maupun dari soal yang kita buat sendiri. Kita juga harus pelajari materi-materi di kelas X dan XI, mempelajari dan hafalkan rumus-rumus eksakta,” ujar aditya. “Deg-degan, tapi ada juga perasaan senang karena mau lulus. Kita nanti dapetin perguruaan tinggi apa, dan ada juga perasaan aneh dalam diri setelah lulus nanti apa yang akan kita jalanin, bagaimana menjalaninya. Karena kan kita semua enggak sama. Ada yang prospek kedepannya mau langsung lulus langsung kuliah, ada yang mau kerja, atau kerja sambil kuliah, bahkan ada yang mau menikah,” papar Aditya.

http://pengajarplus.com/berita-pendidikan/1139-persiapan-menjelang-ujian-nasional.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s